Mobil-mobil Toyota terjual sebanyak 405.414 unit tahun lalu. Hal ini
menempatkan Toyota Indonesia di posisi empat penyumbang penjualan Toyota
di seluruh dunia di luar Jepang.
Berdasarkan data Toyota, Rabu (20/2/2013) pada tahun lalu, total penjualan
Toyota global mencapai 8.717.375 unit dengan penjualan di Jepang
mencapai 1,692 juta unit.
Sementara pasar non Jepang terbesar berasal di Amerika yang mencapai
2,067 juta, , China 840.467 unit, Thailand 516.086 unit, Indonesia
405.414 unit, dan diikuti Arab Saudi 300.595 unit.
Posisi enam
penjualan Toyota global ditempati oleh Australia sebanyak 225.015 unit,
dilanjuti Kanada 192.058 unit, India 171.907 unit, Rusia 169.282 unit,
dan Taiwan 123.412 unit.
Di 2009, Toyota Indonesia berada diUrutan ke-7, kemudian meningkat di 2011 menjadi urutan ke-4.
Presiden
Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan pencapaian
yang dicatatkan Toyota Indonesia sepanjang tahun lalu akan membuat
posisi Indonesia semakin diperhitungkan di tataran pasar otomotif
global.
"Pencapaian gemilang sepanjang tahun lalu semakin
bermakna karena posisi Indonesia dianggap semakin penting bagi Toyota
global. Sehingga, Toyota Indonesia mendapatkan kepercayaan dari
principal Toyota Motor Corporation. Salah satunya diwujudkan dalam
bentuk komitmen investasi hingga Rp 13 triliun dalam 5 tahun mendatang,"
kata Johnny.
Tahun lalu hampir semua segmen dikuasai Toyota.
Total Toyota memimpin di 10 segmen kendaraan di Indonesia mulai dari
Yaris di medium compact car, Fortuner di high SUV 4x2, Rush di medium
SUV, Alphard di luxury MPV, Kijang Innova di medium MPV, Avanza di low
MPV, Camry di medium sedan, Corolla di low sedan, Vios di entry sedan,
dan Hi Ace di commercial van.
Toyota berhasil menembus penjualan
di atas 400.000 unit, dengan market shares 36,3%. Pencapaian 2012
mencatatkan pertumbuhan 30,5% dibandingkan dengan 2011 sebanyak 310.674
unit.
Johnny mengatakan di masa yang akan datang, lanjutnya,
Toyota Indonesia cukup optimistis untuk terus turut berkontribusi dalam
peringkat teratas penjualan Toyota global.
"Pencapaian ini juga
diraih berkat dukungan dan masukan dari pelanggan serta komunitas yang
memacu Toyota selalu melakukan kaizen (perbaikan terus-menerus), demi
memberikan hanya yang terbaik sesuai kebutuhan pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar