Toyota berencana menambah kandungan lokal
mobil MPV NAV1. Meski masih wacana, dengan memperbanyak kandungan lokal
bisa meningkatkan penjualan mobil keluarga pesaing Toyota Serena dan
Mazda Biante tersebut di Tanah Air.
"Yang jelas kalau bisa lokal
ya dilokalin. Tergantung skala ekonomi," kata General Manager External
Affairs PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN), Irwan
Priyantoko di Jakarta.
Menurut Irwan, Toyota saat ini sudah
memiliki rencana ke arah tersebut. Dia menambahkan dengan memperkaya
kandungan lokal maka harga jual mobil 7 seater tersebut semakin
terjangkau oleh konsumen Toyota di Indonesia.
Dia menambahkan,
untuk meningkatkan komponen lokal di Indonesia membutuhkan berbagai
faktor pendukung seperti kondisi market dan situasi lainnya.
Namun
sebaliknya untuk memasarkan mobil ini lebih banyak maka diharuskan
memperkaya kandungan lokal agar harganya terjangkau. Dengan begitu,
volumenya pun bakal semakin berkembang.
"Sekarang masih CKD.
Mudah-mudahan market mendukung. Belum ada target angka untuk lokalisasi.
Namun kalau lokalisasi butuh waktu lama, dan bertahap dan belum tahu
waktunya," imbuh Irwan.
Mobil ini diproduksi di PT Sugity
Creatives anak perusahaan Toyota Auto Body yang berlokasi di Bekasi –
Jawa Barat dengan menelan dana investasi sebesar Rp 223 miliar. Pabrik
Toyota Auto Body memiliki target produksi sebanyak 6.000 unit per tahun. sumber: detikoto.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar