Senin, 07 Januari 2013

Toyota Tetap Bangun Pabrik di Indonesia

Kabar tak sedap baru saja menghampiri Toyota yang menyebutkan bakal menunda pembangunan pabrik di sejumlah negara dalam 3 tahun ke depan. Bagaimana dengan Toyota Indonesia?

Menanggapi ini Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menuturkan proses pembangunan pabrik Toyota di Indonesia terus berjalan sesuai rencana yakni investasi sebesar Rp 13 triliun dalam 5 tahun ke depan di Tanah Air.

"Enggak ada informasi Indonesia menunda pembangunan pabrik. Sampai saat ini belum ada, dan kabar itu tidak jelas," kata Chief External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Irwan Priyantoko.

Menurut Irwan, Toyota terus membangun pabrik barunya yang terletak di Kawarang, Jawa Barat dan rencananya terus memperluas jangkauan pabriknya di Indonesia.

"Biasanya kalau ada penundaan kita dapat informasi terkait penundaan tersebut. Namun sampai saat ini belum ada informasi yang menyatakan Toyota akan menunda membangun pabrik," lanjutnya.

Dia menambahkan, besar kemungkinan Toyota menunda pembangunan pabrik di beberapa negara dan tidak untuk pasar mobil Indonesia yang tengah menggeliat saat ini sampai beberapa tahun mendatang.

"Mungkin ada, tapi di negara lain dan tidak di sini (Indonesia). So far baik-baik saja," tambah Irwan.

Pabrikan mobil Toyota sebelumnya memutuskan untuk menunda pembangunan pabrik baru di seluruh dunia dalam 3 tahun ke depan. Pengumuman tiba-tiba tersebut agak bertolak belakang dengan rencana Toyota dimana mereka bakal membangun satu pabrik setiap tahunnya.

Dilansir AFP, Senin (7/1/2013) Toyota akan serius menambah modal di pabrik-pabrik produksi yang sudah ada. Langkah tersebut agar Toyota lebih fokus dalam pengembangan produksi mobil-mobil di seluruh dunia.

Selain itu, Toyota menambahkan penundaan investasi pabrik dalam jangka waktu 3 tahun tersebut untuk mengurangi biaya yang ditanggung Toyota. Saat ini salah merek mobil terbesar di Jepang itu sudah memiliki sekitar 50 pabrik di luar Jepang. Di Jepang ada sekitar 30 pabrik. sumber detikoto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar